Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan umumnya memperhatikan kenaikan berat badan yang lumayan besar dari semula sebelum hamil. Tapi jangan khawatir yang berlebihan, semua itu dapat diatasi dengan perilaku hidup sehat. Nah dibawah ini terdapat Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

cara-cepat-menurunkan-berat-badan-setelah-melahirkan

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan — Setelah melahirkan hampir sebagian besar wanita berharap dapat kembali ke bentuk tubuh semula dan menurunkan berat badan. Hampir sebagian besar wanita pasca melahirkan kehilangan setengah berat badan saat hamil dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Sisanya akan perlahan-lahan turun dalam bulan-bulan berikutnya. Diet sehat yang disertai olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelah melahirkan. Bila Anda langsung menurunkan berat badan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Setidaknya beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan, bagi Anda yang menyusui disarankan menunggu hingga bayi Anda berusia setidaknya 2 bulan.

Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat mempengaruhi produksi air susu ibu. Menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga Anda akan takjub melihat penurunan berat badan Anda saat menyusui.

Penurunan berat badan yang ideal setelah melahirkan adalah 1.5 pons atau sekitar 680 gr per minggu. Penurunan dengan jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengurangi 500 kalori asupan Anda per hari. Tentunya Anda disarankan berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi terlebih dahulu agar dapat diketahui kebutuhan kalori per hari Anda.

Cara Alami Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

  • Tak perlu diet

Anda baru saja melahirkan bayi yang lucu tapi Anda masih khawatir dengan berat badan berlebih. Lalu Anda merasa bahwa diet ketat adalah cara terbaik, dan tercepat, untuk mengembalikan berat badan Anda? Anda salah. Diet justru akan membuat Anda kesulitan menurunkan berat badan. Cara termudah dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi “kalori kosong”. Makanan dengan kalori kosong adalah makanan yang penuh dengan lemak dan gula, namun tidak mengandung nutrisi yang baik untuk Anda. Coba hindari kue, cookies, dan minuman manis seperti soda dan alkohol, serta kurangi konsumsi junk food seperti pizza dan burger.

  • Makan banyak “superfood”

Rasanya memang lebih mudah jika kita makan makanan yang ada  dan tersedia di dekat kita, tapi Anda perlu nutrisi, terutama karena Anda sedang menyusui. Pilih makanan yang tinggi protein seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan. Anda juga perlu kalsium yang bisa didapat dari susu, yogurt, dan keju. Ikan seperti salmon adalah jenis superfood yang baik karena mengandung DHA dan asam lemak omega 4 yang baik untuk bayi Anda.

  • Pilih camilan yang baik

Ngemil tak akan jadi masalah jika Anda memilih camilan yang baik dan mengurangi camilan yang banyak mengandung gula dan lemak. Pilih camilan seperti buah segar atau sereal tanpa pemanis, kurangi camilan tidak sehat seperti soda, permen, dan keripik karena tinggi kalori namun tak memiliki nutrisi yang cukup. Anda bisa makan camilan saat sedang menyusui.

  • Susui bayi Anda

Menyusui memang sudah terkenal baik untuk kesehatan, namun ternyata menyusui juga baik untuk mengecilkan lingkar pinggang. Banyak wanita yang mengatakan bahwa menyusui dapat membantu mereka mengembalikan berat badan mereka seperti sedia kala. Menyusui dapat membakar ratusan kalori per hari.

  • Minum air putih

Anda harus banyak minum air putih. Terkadang memang sulit membedakan kapan Anda haus dan kapan Anda lapar. Jika Anda minum banyak air putih sekaligus, Anda malah merasa kenyang dan tidak ingin makan camilan. Dan jika tubuh Anda dehidrasi, tubuh akan lebih lambat dalam membakar kalori. Setidaknya minum segelas air tiap kali Anda menyusui.

  • Bergerak

Kabar baiknya, Anda tak perlu ke gym! Letakkan bayi Anda pada stroller dan ajak ia jalan-jalan keliling komplek sambil mencari udara segar. Melihat orang-orang di jalan dan mengganti pemandangan akan mencegah terjadinya stress. Bergerak dapat menguatkan tubuh dan memberi Anda energi untuk beraktivitas. Mulailah berjalan-jalan selama 30 menit, 5 kali seminggu. Tanyakan dokter kapan Anda bisa mulai olahraga setelah melahirkan

  • Tidur cukup

Tidurlah minimal 7 jam sehari tiap hari. Jika Anda kurang tidur, berat badan Anda dapat naik. Penelitian yang dilakukan pada ibu yang hanya tidur 5 jam atau kurang dalam sehari menunjukkan bahwa mereka punya peluang berat badan mereka naik dibandingkan dengan ibu yang tidur cukup 7 jam sehari. Tentukan jam tidur untuk bayi Anda, mudahkan mereka untuk terlelap dengan cara mandi air hangat, menyanyi, atau membaca buku cerita. Selalu ikuti jadwal tiap hari hingga bayi Anda terbiasa.

  • Makan Denga Porsi Kecil Namun Sering

Makan makanan sehat dengan porsi kecil tiap hari sehingga anda merasa kenyang. Jangan lewati jam makan anda, terutama sarapan. Jika anda melewatkan jam makan, anda akan cenderung lebih lapar dan akan memiliki jenis makanan dengan lemak tinggi tanpa sadar. Dan dalam kondisi lapar, tubuh anda akan lebih lambat membakar kalori.

  • Sabar

Turun 2 kg per minggu adalah target yang masih masuk akal. Kalau lebih dari ini, malah tidak sehat. Anda hamil dan naik berat badan melalui proses yang panjang selama 9 bulan, jadi kenapa merasa buru-buru dalam menurunkan berat badan?

  • Cari Bantuan

Dokter atau ahli diet anda akan membantu jika anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Ada beberapa program diet yang dapat diterapkan oleh ibu muda. Dan jika anda kesulitan menyiapkan makanan sehat, minta bantuan teman atau pasangan supaya anda tak perlu kesulitan sendirian.

BACA JUGA : Faktor Penyebab Utama Tubuh Mudah Lelah

Demikian informasi mengenai Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan. Setelah melahirkan, tubuh dapat berubah bentuk. Hal ini kemungkinan membuat anda merasa kesulitan untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika anda ingin mempraktikan cara mengecilkan perut setelah melahirkan seperti diatas. Karena perlu diingat, tidak semua orang memiliki kemampuan sama dalam berolahraga atau cara diet yang tepat. Sekian dan semoga bermanfaat. Terus kunjungi situs ini > Cara Pemesanan Deep Sea Fish Oil Softgel < untuk mendapatkan informasi yang penting dan menarik lainnya.

| Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s