Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Saat Cemas

Setiap orang pasti penah merasa cemas. Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan orang untuk menutupi rasa cemasnya. Sayannya, kebiasaan saat sedang cemas ini cenderung buruk bagi kesehatan. Cari tahu apa saja Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Saat Cemas

Berjumpa kembali dengan kami yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terpercaya yang secara profesional telah banyak menerima pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri dengan memberikan Garansi Uang Kembali Jika Pesanan Tidak Sampai. Kami menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin herbal yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikit pun. Salah satunya adalah menyediakan Deep Sea Fish Oil Softgel  yang berbahan dasar utama Ikan salmon yang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Tapi dikesempatan ini kami tidak akan memberikan informasi mengenai produk kami tersebut. Karena kami juga akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Pada kesempatan kali ini yang akan kami sajikan adalah informasi mengenai Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Saat Cemas. Mungkin sebagaian dari anda juga sering melakukannya tanpa disadari, apa sajakah itu?

kebiasaan-buruk-yang-tanpa-sadar-sering-dilakukan-saat-cemas

Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Saat Cemas — Saat merasa panik atau tegang, tanpa sadar kita melakukan kebiasaan seperti menggigit kuku atau membasahi bibir untuk menenangkan diri. Walau kebiasaan tersebut tampak tidak berbahaya, tetapi ternyata tetap berpengaruh buruk pada kesehatan.

Pada sebagian orang, kebiasaan yang muncul saat cemas ini dialami sejak kecil dan terbawa hingga dewasa. Tetapi waspadai jika kebiasaan ini dilakukan berulang-ulang karena bisa disebabkan oleh tekanan atau cemas berlebihan di alam bawah sadar. Luangkan waktu untuk bersantai dan mencari tahu apa pemicunya. Jika perlu, mintalah bantuan psikolog.

Kebiasaan Buruk Yang Muncul Saat Cemas

  • MENYENTUH WAJAH

Banyak orang yang suka menyentuh wajahnya (entah itu menggosok mata, pipi atau menggaruk hidung) saat merasa cemas atau stres memikirkan sesuatu, meskipun ia tidak merasakan rasa gatal di sekitar wajah. Kebiasaan ini juga sering dilakukan tanpa sengaja saat seseorang tertidur.

Kecuali anda sedang membersihkan wajah, sebaiknya hindari kebiasaa menyentuh wajah. Kebiasaan ini dapat memindahkan kuman ditangan ke wajah sehingga menyebabkan penyumbatan pori dan menimbulkan jerawat. Menyentuh atau menggaruk jerawat dengan tangan yang tidak bersih juga lebih mudah menyebabkan peradangan pada kulit yang menyebabkan bekas jerawat yang lebih sulit hilang.

  • MEMAINKAN RAMBUT

Memainkan rambut adalah kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh mereka yang berambut cukup panjang untuk dimainkan dengan jari. Kebiasaan ini menunjukan jika seseorang sedang bosan, malu, atau sedang berusaha menenangkan diri saat sedang berpikir keras.

Sayangnya, gestur memainkan eambut yang tanpa sadar Anda lakukan sering dianggap sebagai sikap yang tidak professional. misalnya, ketika sedang berdiskusi serius dengan seseorang di tempat kerja. Tak hanya itu, memainkan rambut dengan menariknya akan menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan dapat mengganggu pertumbuhan rambut atau kebotakan kepala pada bagian tertentu.

  • MENGGIGITI SESUATU

Saat berhadapan dengan situasi yang bikin cemas berlebihan, sering tanpa sadar Anda akan mulai menggigiti pulpen, pensil, atau bahkan kuku jari tangan sendiri. Selain tidak enak dilihat, kebiasaan tersebut dapat dengan mudah memindahkan kuman dari lingkungan terbuka langsung ke dalam mulut dan saluran pencernaan, serta dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan yang berhubungan langsung dengan mulut. Menggigit benda keras juga dapat menyebabkan luka dan kerusakan mukosa mulut.

  • MEROKOK

Tak sedikit pula orang yang memilih untuk merokok demi mencari ketenangan sesaat, meskipun sebenarnya tidak demikian. Hal tersebut hanya karena reaksi nikotin dalam mempengaruhi kerja otak seseorang yang menimbulkan rasa ketenangan palsu.

Rokok sudah terbukti sebagai faktor risiko berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit kardiovaskular serta merupakan penyebab penurunan kualitas kesehatan secara umum.

  • MENGGERETAK GIGI

Kebiasaan menggeretak gigi dikenal sebagai bruxism, adalah kebiasaan yang sering muncul saat orang sedang cemas atau merupakan gejala gangguan tidur yang tidak sengaja. Menggeretakkan gigi dapat merusak jaringan ikat gigi dengan tulang atau antara satu gigi dengan gigi lainnya, serta menimbulkan kelelahan otot di sekitar rahang jika dilakukan dalam waktu yang lama.

  • MAKAN BERLEBIH

Makan berlebihan alias binge eating merupakan kebiasaan yang sering dilakukan saat seseorang mengalami kecemasan atau rasa frustasi. Bagi sebagian orang, makan sering dijadikan jalan keluar untuk menenangkan diri dari stres karena makanan dengan rasa yang kuat seperti manis, asin atau berlemak dapat mempengaruhi otak dan menimbulkan rasa kesenangan sesaat.

  • DUDUK MENYILANGKAN KAKI

Duduk menyilangkan kaki bagi sebagian orang dilakukan tanpa sadar sebagai cara menenangkan diri saat sedang dilanda cemas berlebihan. Meski demikian, posisi duduk tersebut tidak baik untuk dilakukan dalam waktu yang lama. Duduk di posisi ini dapat membuat hampir sebagian besar dari berat badan jadi bertumpu di bagian punggung bawah. Dalam jangka pendek, duduk dengan posisi seperti ino dapat menekan saraf di sekitar tulang belakang hingga kaki dan menyebabkan berkurangnya aliran darah yang ditandai dengan rasa nyeri, kesemutan, atau mati rasa. Dalam jangka panjang, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan masalah otot tulang belakang hingga nyeri leher dan sakit kepala kronis.

Cara Menghentikan Kebiasaan Tersebut

Psikolog Ellen Hendriksen, Ph.D memberikan beberapa tips untuk melepaskan diri dari kebiasaan buruk saat cemas berlebihan, diantaranya:

  1. Sadari Bahwa Kebiasaan Tersebut Dapat Dihilangkan | Meski beberapa kebiasaan dapat dipengaruhi oleh genetik dan kebiasaan dalam keluarga, selalu fokuskan perhatian pada apa yang anda lakukan dan berlatih untuk menghentikannya.
  2. Sadari Kebiasaan Anda | Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan karena terjadinya kebiasaan tersebut berlangsung secara otomatis. Begitu anda menyadarinya, segera hentikan kebiasaan tersebut.
  3. Ubahlah Pola Pikir Anda | Dengan cara mengubah pemikiran “saya akan berhenti sekarang” menjadi “saya akan berlatih untuk berhenti sekarang”. Sadari bahwa merubah kebiasaan tidak dapat terjadi dengan mudah atau secara instan, sebaliknya dengan merubah pola pikir sebagai latihan untuk merubah kebiasaan anda akan lebih sedikit terbebani dan tidak akan merasa kesal dan ingin menyerah ketika anda mengulang kebiasaan tersebut.
  4. Sadari Kapan Anda Melakukan Kebiasaan Tersebut | Perhatikan kapan anda melakukan kebiasaan tersebut seperti saat sedang bosan, cemas, atau sedang tidak fokus. Ingatkan diri anda sendiri untuk tidak melakukan kebiasaan ini saat berada di situasi tersebut.
  5. Minta Bantuan Orang Lain | Jika anda bersama dengan seseorang mintalah bantuannya untuk mengingatkan anda saat kebiasaan buruk tersebut muncul.

Baca Juga : Jenis-Jenis Diet Sehat Yang Dapat Merusak Gigi

Nah itulah Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Saat Cemas beserta dengan cara mengatasnya. Cobalah cara-cara diatas supaya anda tidak lagi melakukan kebiasaan tersebut. Selamat mencobat dan semoga bermanfaat.

| Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Saat Cemas |

Advertisements

One thought on “Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Saat Cemas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s