Makanan Yang Bisa Bantu Untuk Melawan Alergi

Saat alergi kumat, Anda mungkin langsung mencari obat-obat untuk meredakan gejalanya. Padahal untuk meredakan alergi selain dengan obat bisa juga dengan mengkonsumsi Makanan Yang Bisa Bantu Untuk Melawan Alergi

Berjumpa kembali di situs resmi agen penjualan obat herbal yakni Alfian Herbal yang selalu memberikan informasi mengenai solusi pengobatan dengan menggunakan berbagai macam produk yang tersedia, salah satunya dengan Deep Sea Oil Softgel yang merupakan suplemen yang dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh dan mempunyai khasiat lainnya. Namun di kesempatan ini kami bukan akan memberikan informasi mengenai produk kami melainkan akan memberikan informasi mengenai hal yang berkaitan dengan kesehatan yaitu seputar Makanan Yang Bisa Bantu Untuk Melawan Alergi, yang dibawah ini telah kami kutif ulasan lengkapnya.

makanan-yang-bisa-bantu-untuk-melawan-alergi

Makanan Yang Bisa Bantu Untuk Melawan Alergi — Alergi adalah reaksi merugikan yang dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan zat pengganggu yang masuk ke dalam tubuh. Setiap zat yang memicu reaksi alergi disebut alergen. Beberapa zat pemicu alergi atau alergen yaitu serbuk sari, tungau debu, spora jamur, bulu hewan peliharaan, lateks, makanan tertentu, sengatan serangga serta obat-obatan.

Reaksi alergi dapat mempengaruhi hidung, paru-paru, tenggorokan, sinus, telinga, lapisan lambung atau kulit. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti pilek, bersin, gatal, mata berair, mata merah, mengi, gatal-gatal, kulit bersisik, ruam kulit, sesak napas, pembengkakan atau asma. Gejala-gejala ini dapat berkisar dari ringan sampai parah dan sebagian besar tergantung pada alergen.

Ada beberapa cara untuk mengobati alergi dan juga untuk mencegah gejala menjengkelkan dan merepotkan. Jika Anda rentan terhadap alergi, Anda dapat menyertakan beberapa makanan super anti-alergi dalam diet Anda untuk mencegah serta mengatasi masalah.

Pilihan Obat Alami Untuk Lawan Alergi

  • Yogurt

Karena mengandung probiotik yang tinggi, yogurt bisa menjadi antihistamin yang aman dan manjur ketika alergi kumat. Antihistamin bertugas untuk menghentikan reaksi sistem imun berlebihan terhadap pemicu alergi. Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik Lactobacillus casei ketika alergi kumat.

  • Kuaci

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin E mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergen. Salah satu makanan yang mengandung vitamin E dalam kadar tinggi adalah kuaci (biji bunga matahari). Antioksidan dalam kuaci juga mampu mencegah kerusakan sel akibat produksi histamin yang berlebihan. Akan tetapi, hati-hati jika Anda punya alergi biji-bijian atau kacang-kacangan. Protein di dalam kuaci mungkin mirip seperti pemicu alergi Anda.

  • Nanas

Bila Anda memiliki alergi terhadap debu, tungau, serbuk sari bunga, atau pemicu lainnya yang menyebabkan gangguan pernapasan, nanas bisa jadi solusinya. Ini karena nanas adalah satu-satunya sumber senyawa bromelain alami.
Bromelain sendiri berfungsi untuk meringankan gangguan pernapasan akibat alergi misalnya pilek, sulit bernapas, dan hidung tersumbat. Senyawa ini juga ampuh untuk mengobati peradangan seperti pada kasus asma dan eksim (dermatitis atopik). 

  • Cabai, adas, dan wasabi

Makanan dan rempah-rempah yang pedas seperti cabai, wasabi, dan adas adalah dekongestan alami yang mampu melegakan hidung yang tersumbat atau berair. Pasalnya, sensasi pedas dari rempah-rempah alami tersebut bisa merangsang sel-sel dalam sistem pernapasan Anda untuk mengurai dan membuang lendir berlebih.

  • Jambu biji

Jambu biji memiliki khasiat sebagai obat alergi alami. Ini karena jambu biji kaya akan kandungan vitamin C. Menurut seorang pakar naturopati dr. Carolyn Dean, vitamin C ampuh untuk mencegah sel-sel tubuh memproduksi histamin. Histamin sendiri merupakan zat alami yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh saat Anda terpapar alergen. Histamin inilah yang membuat Anda jadi gatal, biduran, ruam, bersin, atau mual.

  • Bawang bombai

Obat alergi alami bisa ditemukan di dapur rumah Anda, salah satunya adalah bawang bombai. Seorang pakar alergi dr. William Silvers menjelaskan bahwa kandungan bioflavonoid dalam bawang bombai mampu menstabilkan sel-sel tubuh yang bereaksi secara berlebihan ketika terpapar alergen. Jadi, tambahkan bawang bombai dalam masakan Anda untuk redakan gejala alergi.

  • Bayam

Bayam adalah sayuran dengan kadar magnesium yang tinggi. Magnesium bisa membantu melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Ini berguna untuk mencegah serangan asma yang dipicu oleh alergi.

  • Salmon

Menurut sejumlah penelitian, asam lemak omega-3 mampu meredakan gejala alergi. Maka, Anda bisa mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan ini, misalnya salmon. Akan tetapi, berhati-hatilah bila Anda punya alergi terhadap makanan laut. Salmon mungkin memperparah gejala yang Anda alami.

Itulah Makanan Yang Bisa Bantu Untuk Melawan Alergi. Jika Anda memiliki alergi tertentu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi salah satu atau beberapa makanan sehat tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Waktu Terbaik Untuk Menimbang Berat Badan

| Makanan Yang Bisa Bantu Untuk Melawan Alergi |

Advertisements

One thought on “Makanan Yang Bisa Bantu Untuk Melawan Alergi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s