Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet

Sebelum menjalankan diet, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi. Diet yang dijalankan tanpa pertimbangan medis dapat menimbulkan gangguan kesehatan, terutama apabila memiliki masalah kesehatan. Ketahuilah Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet dengan menyimak penjelasannya di bawah ini

Selamat datang di sirus Alfian Herbal agen resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal berkhasiat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet

Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet

Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet – Diet adalah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Diet dalam artian mengatur pola makanan yang dimakan. Itu dikarenakan kebanyakan dari kita melakukan pola hidup yang tidak sehat dikarenakan tuntutan rutinitas kerja atau bahkan dalam diri kita belum memiliki keinginan kuat untuk melaksanakan pola hidup sehat. Tak ayal lagi teori tentang diet banyak ditulis mengingat masalah ini sudah menjadi masalah umum, tetapi melaksakannya tidak semudah yang kita bayangkan bila kita mengerti teorinya.

Berikut teori diet beserta kelebihan dan kekurangannya

1. Diet Atkins

Diet atkins memperbolehkan mengkonsumsi lemak dan protein sebanyak-banyaknya, seperti daging merah (sapi), ayam, bebek, telur, keju, hingga mentega. Akan tetapi, nasi jagung roti kentang ubi singkong dan talas harus disingkirkan atau dibatasi konsumsinya.

  • Kelebihan

Menurunkan berat badan dengan cepat tanpa rasa lapar, tanpa obat-obatan dan tetap berenergi walaupun menjalankan diet

  • Kekurangan

Diet atkins dengan komposisi makanan tinggi protein, tinggi kadar lemak dan rendah karbohidrat menjadikannya diet yang tak seimbang. Bila dipraktikkan dalam jangka waktu lama (bertahun-tahun) dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan hati.

2. The South Beach Diet

Diet diciptakan oleh Arthur Agatson seorang kardiologi (ahli jantung). Metodenya yaitu diet tinggi protein, rendah lemak (hanya menggunakan lemak baik omega 0-3 dan 6, serta MUFA atau Monounsaturated fatty acid), dan tidak membatasi asupan karbohidrat kompleks (karbohidrat dengan indeks glikemik rendah).

  • Kelebihan
  1. Melangsingkan tubuh tanpa menimbulakan rasa lapar
  2. Menurunkan kadar prodil lipid
  3. mencegah penyakit jantung, karena diet ini menganjurkan konsumsi karbohidrat dengan indek glikemik rendah dan lemak baik
  • Kekurangan

Diet ini tidak membatasi jumlah asupan makan. Makanan dengan indek glikemik rendah yang berlebihan dapat membuat tubuh kurang berenergi. Diet ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui. anak-anak serta remaja dalam masa pertumbuhan.

3. Zona Diet

Zona diet adalah diet dengan konsumsi karbohidrat 40% dari total kalori, protein 30% dari total kalori dan lemak 30% dari total kalori.

  • Kelebihan = Diet ini dapat membantu menurunkan berat badan anda
  • Kelebihan

Penderita penyakit ginjal tidak dianjurkan menjalankan diet ini karena konsumsi protein yang tinggi dapat menambah beban fungsi sehingga ginjal bisa semakin rusak. Selain itu, penderita penyakit apapun harus berkonsultasi kepada dokter sebelum menjalankan diet ini.

4. The Sugar Vuster Diet

Tehe sugar vuster diet dilakukan dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, protein dan lemak tetap dikonsumsi, tetapi dalam kadar yang lebih rendah dibandingkan karbohidrat kompleks

  • Kelebihan = Menurunkan berat badan dengan cepat
  • Kekurangan

Diet ini merupakan diet rendah kalori yang tidak seimbang. Oleh karena itu perlu konsultasi terlebih dahulu bagi penderita penyakit jantung, ginjal, dan kencing manis sebelum menjalankan diet ini.

5. The Cabbage Soup Diet

The cabbage soup diet dilakukan dengan mengkonsumsi sup kol selama 7 hari berturut-turut. Pada diet ini, jumlah karbohidrat komplek rendah, kadar protein rendah, kadar lemak juga rendah.

  • Kelebihan

Sangat cepat menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet lainnya karena pasokan jumlah kalori ke tubuh sangat rendah

  • Kekurangan
  1. Dapat menyebabkan perut kembung atau rasa penuh dilambung yang dapat menimbulkan rasa sakit maag karena kol adalah sayuran yang dapat menimbulkan gas dalam saluran pencernaan.
  2. dapat menimbulkan efek samping, antara lain : lemas, sakit kepala, dan menurunkan konsentrasi
  3. Tidak boleh diterapkan pada anak dalam masa pertumbuhan, wanita hamil dan menyusui atau orang yang berada dalam pengawasan medis karena penyakitnya
  4. Tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama
  5. Kalorinya sangat rendah sehingga dapat terjadi defisiensi vitamin dan mineral.
  6. Diet ini kurang diminati karena masih menimbulkan rasa lapar
  7. Secara tidak langsung diet ini membatasi nutrisi sehingga termasuk diet rendah kalori yang tidak seimbang

6. Dairy Free Food Diet

Diet ini direkomendasikan oleh ahli nutrisi pada anak autis, celiac disease, dan alergi gluten atau produk susu. Diet ini memperbolehkan konsumsi karbohidrat yang mengandung gluten dan protein serta bukan produk susu termasuk keju dan mentega yang terbuat dari susu sapi

  • Kelebihan

Diet ini membantu mengatasi alergi protein susu pada anak, membantu terapi anak autism dan celias disease. Diet ini juga membantu program pelangsingan tubuh.

  • Kekurangan

Diet ini dapat menimbukan defisiensi mineral dan vitamin tertentu sehingga perlu suplementasi multivitamin dan mineral. Penderita penyakit ginjal harus berkonsultasi terlebih dahul.

Demikian artikel mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet. Semoga bermanfaat. .

Terus kunjungi situs https://carapemesanandeepseafishoilsoftgel.wordpress.com untuk update info kesehatan lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet

Advertisements

2 thoughts on “Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Jenis Diet

  1. Neat blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple admujtesents would really make my blog jump out. Please let me know where you got your design. Appreciate it

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s