Manfaat Cerita Dongeng Untuk Perkembangan Anak

Seberapa sering Anda membacakan dongeng untuk Anak? Jika jawabannya jarang, coba luangkan waktu lebih banyak karena mendongeng sebenarnya punya banyak manfaat. Simak informasi lengkapnya seputar Manfaat Cerita Dongeng Untuk  Perkembangan Anak berikut ini.

Selamat datang kembali di salh satu situs Alfian Herbal agen resmi Green World yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia.

Manfaat Cerita Dongeng Untuk Perkembangan Anak

Manfaat Cerita Dongeng Untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat Cerita Dongeng Untuk Pertumbuhan Anak – Seiring perkembangan zaman banyak orangtua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak. Kini para orang tua lebih memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka. Padahal dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang tepat untuk anak.

Selain menghibur, aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang. Tidak ada istilah terlalu dini dalam hal mendongeng. Ketika si kecil sudah lahir, lebih baik untuk melanjutkan kebiasaan baik ini.

Memang benar saat baru lahir si kecil belum bisa memahami kata-kata anda, namun mendengar suara anda bisa menjadi langkah awal untuk merangsang kemampuan mendengarnya dan mengenal suara-suara.

Manfaat Cerita Dongeng Untuk Anak

  • Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Perlu kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia imajinasi. Jadi anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga teman khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, maka kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkannya kearah yang positif dan tetap terkontrol. Dengan dongeng anak-anak maka inilah cara terbaik untuk mengarahkan mereka kearah yang baik.

  •  Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa

Dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Perlu kita ketahui bahwa cerita dongeng anak-anak mampu merangsang anak-anak terutama anak perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Hal ini dikarenakan anak perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada anak laki-laki. Kemampuan verbal adalah kemampuan awal yang dimiliki anak-anak dan inilah mengapa otak kanan mereka lebih berkembang dan ini juga yang menyebabkan mereka lebih terlatih dalam berbahasa. Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dan sebagainya membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.

  •  Membangkitkan Minat Baca Anak

Jika ingin memiliki anak yang mempunyai minat baca yang baik, maka mendongeng adalah jalan menuju hasil tersebut. Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka anak-anak akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu. Inilah dimana keinginan untuk membaca menjadi semakin meningkat. Dengan membacakan buku cerita yang menarik kepada anak adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan.

  •  Membangun Kecerdasan Emosional Anak

Mendongeng kepada anak bisa membangkitkan kecerdasan emosional mereka dan ini juga sarana hebat yang mampu merekatkan hubungan ibu dan anak. Sperti yang kita tahu bahwa anak-anak mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng anak-anak maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Dongeng anak-anak akan membangtu anak dalam menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan emosional juga penting disamping kecerdasan kognitif. Kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial mereka kelak.

  •  Membentuk Rasa Empati Anak

Melalui stimulasi cerita dongeng anak, kepekaan anak pada usia 3-7 tahun akan dirangsang mengenai situasai sosial disekitar mereka. Dengan metode dongeng untuk anak ini maka mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar. Stimulasi yang akan lebih berhasil adalah dengan merangsang indera pendengarannya. Penting bagi kita memberikan stimulasi ini untuk memberikan mereka bekal yang baik untuk masa depannya. Dengan cerita-cerita dongeng yang mendidik, maka anak akan dengan mudah menyerap nilai positif yang akan menjadikan mereka anak yang berempati dengan orang lain.

Perlu diingat, hindari memberikan dongeng kepada anak melalui perantara teknologi. Contohnya membiarkan anak menonton cerita melaui televisi atau mengunduh aplikasi dongeng pada gadget, lalu membiarkannya melihat dan mendengar cerita melalui layar.

Membacakan dongeng adalah sebuah kegiatan interaktif yang mana Anda dan anak bisa bertukar pikiran tentang cerita tersebut. Namun jika dilakukan oleh media digital, kegiatan ini bisa menjadi satu arah. Dongeng digital bisa membuat anak kehilangan daya imajinasi dan kemampuan berpikir karena dia hanya diberi sebuah tontonan saja.

Tips menjadi pendongeng yang baik

Menjadi pendongeng merupakan hal yang mudah, apalagi jika dilakukan dengan rasa senang. Berikut ini adalah tips-tipsnya.

  • Pilihlah buku yang bisa menarik perhatian anak-anak, seperti buku yang penuh gambar dan berwarna-warni. Sebisa mungkin, cari buku dengan jenis kertas yang tebal agar tidak cepat rusak akibat digigit oleh si Kecil. Umumnya, anak-anak suka memasukkan segala hal yang dia pegang ke dalam mulutnya. Setelah melihat desainnya, pilih buku dengan cerita yang memiliki pesan moral.
  • Sebelum mendongeng, pastikan Anda sudah mengetahui alur ceritanya agar bisa mendalami dan menyampaikan pesannya dengan baik kepada anak.
  • Ketika hendak berdongeng, mulailah dengan kalimat ‘Pada suatu hari’ atau ‘Dahulu kala’.
  • Ceritakan dengan penuh ekspresi agar si Kecil antusias mendengarkan dongeng dari Anda. Atur pula nada suara Anda saat menjelaskan alur cerita yang ada. Misalnya ketika menemukan karakter anak-anak pada cerita, ubahlah suara Anda selayaknya suara anak kecil. Begitu pula ketika ada karakter jahat, ubahlah suara Anda menjadi lebih menyeramkan.
  • Anda tidak perlu 100 persen mengikuti kata demi kata yang tertera pada buku. Gunakan kata-kata Anda sendiri yang mudah dipahami anak.
  • Adakan interaksi seperti tanya-jawab. Inilah kelebihan mendongeng, Anda dan si Kecil bisa berkomunikasi dua arah. Di tengah-tengah cerita atau di bagian mana pun, Anda bisa bertanya tentang kelanjutan ceritanya. Contohnya ketika Anda menceritakan kisah ‘Malin Kundang’, Anda bisa bertanya, “Kira-kira Malin berubah jadi apa nanti?” Sebisa mungkin Anda harus bisa membuatnya penasaran sehingga otak anak akan berpikir dan melahirkan pertanyaan-pertanyaan tentang jalan cerita dongeng.
  • Anda tidak perlu mengajarinya membaca atau mengenal huruf karena hal itu bisa mengurangi kesenangan anak selama aktivitas mendongeng berlangsung. Cukup fokus kepada kesempatan bersenang-senang bersama anak.

Awalnya mungkin Anda merasa tidak bersemangat mendongeng, terutama jika si Kecil belum memahami apa-apa atau mungkin Anda sedang repot dengan berbagai pekerjaan rumah tangga sehingga tidak memiliki waktu untuk mendongeng.

Demikian informasi mengenai Manfaat Cerita Dongeng Untuk Perkembangan Anak semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke halaman kami ini.

Terus kunjungi situs https://carapemesanandeepseafishoilsoftgel.wordpress.com untuk update informasi kesehatan lainnya.

Manfaat Cerita Dongeng Untuk Perkembangan Anak

Advertisements

2 thoughts on “Manfaat Cerita Dongeng Untuk Perkembangan Anak

  1. che bello wonder!!!!!…mi ha fatto emozionare questa descrizione deizr#39;ab&ulzo…lo che ci torno per le vacanze estive, natalizie e pasquali….e ogni volta mi sento come a casa…. io che passavo le mie vacanze estive (tre lunghi mesi) dopo la scuola, insieme ai miei cari nonni… che mi hanno insegnato quello che in città nessuno conosce!!!!…è davvero bello sapere che qualcuno prova le tue stesse emozioni per una terra da troppi dimenticata!!!!grazie wonder ♥

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s