Mengulas Manfaat Katuk Untuk Ibu Hamil Dan Efek Sampingnya

Daun katuk tidak hanya akan berguna dan menguntungkan para ibu menyusui dengan adanya efek hormonal yang diberikan oleh kandungan sterol bersifat estrogenik sehingga produksi ASI meningkat. Para calon ibu pun dapat memanfaatkan daun katuk.

Mengulas Manfaat Katuk Untuk Ibu Hamil Dan Efek Sampingnya

Selamat datang di salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan pusat penjualan obat herbal terpercaya dan menjual barang asli 100% bukan penipuan karena merupakan agen resmi Green World Global. Pada kesempatan kali ini kami akan memberi informasi penting untuk anda khususnya para ibu hamil karena kami akan mengulas manfaat katuk untuk ibu hamil dan efek sampingnya. Selamat Membaca..

Sebelum anda mengetahui manfaat daun katuk untuk ibu hamil, anda perlu mengenal terlebih dahulu mengenai tanaman katuk.

Mengenal Tanaman Katuk

Daun katuk adalah daun dari tanaman Sauropus adrogynus(L) Merr, famili Euphorbiaceae. Nama daerah: Memata (Melayu), Simani (Minangkabau), Katuk (Sunda), Kebing dan Katukan (Jawa), Kerakur (Madura). Terdapat di berbagai daerah di India, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia tumbuh di dataran dengan ketinggian 0-2100 m di atas permukaan laut.

katukTanaman ini berbentuk perdu. Tingginya mencapai 2-3 m. Cabang-cabang agak lunak dan terbagi Daun tersusun selang-seling pada satu tangkai, berbentuk lonjong sampai bundar dengan panjang 2,5 cm dan lebar 1,25-3 cm. Bunga tunggal atau berkelompok tiga. Buah bertangkai panjang 1,25 cm.(2) Tanaman katuk dapat diperbanyak dengan stek dari batang yang sudah berkayu, panjang lebih kurang 20 cm disemaikan terlebih dahulu. Setelah berakar sekitar 2 minggu dapat dipindahkan ke kebun. Jarak tanam panjang 30 cm dan lebar 30 cm. Setelah tinggi mencapai 50-60 cm dilakukan pemangkasan agar selalu didapatkan daun muda dan segar.

Kandungan gizi dalam 100 gram katuk

katuk2

  • Energi              59 kal
  • protein             4,8 g
  • Lemak              1,0 g
  • Karbohidrat     11 g
  • Serat                 1,5 g
  • Kalsium           204 mg
  • Fosfor               83 mg
  • Zat Besi            2,7 mg
  • Vitamin A        10.370 IU
  • Vitamin B         0,1 mg
  • Vitamin C         239 mg
  • Air                     81 g

Manfaat Katuk Untuk Ibu Hamil

Mengulas manfaat daun katuk untuk ibu hamil dan efek sampingnya – Daun katuk terkenal akan manfaat dan kandungan alaminya yang begitu baik, seperti fosfor, kalsium seperti juga yang terkandung pada manfaat buah blueberry untuk ibu hamil, lemak, vitamin B, vitamin A seperti juga yang terkandung pada manfaat wortel untuk ibu hamil, vitamin C seperti juga yang terkandung pada manfaat jeruk untuk ibu hamil, protein seperti juga yang terkandung pada manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dan zat besi yang ada pada manfaat bayam bagi ibu hamil.

katuk3Sebenarnya apa manfaat daun katuk bagi ibu hamil? Mengapa daun katuk menjadi salah satu cara menjaga kehamilan agar tetap sehat?? Inilah manfaat daun katuk untuk ibu hamil :

1. Memperkuat Tulang

Ibu hamil memerlukan tulang yang kuat agar dapat bertahan dengan kandungan yang makin lama makin besar. Menjadi sumber kalsium, daun katuk adalah yang paling aman dan alami untuk dikonsumsi demi membuat tulang lebih kuat dan sehat. Hal ini sangat penting untuk mencegah gangguan kehamilan akibat kekurangan kalsium pada bayi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Daun katuk dengan kandungan vitamin A-nya yang cukup tinggi berikut betakaroten bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan penglihatan. Baik semasa kehamilan maupun pasca persalinan, kesehatan mata perlu dijaga dengan tepat dan daun katuk akan sangat bermanfaat.

3. Meningkatkan Energi

Ibu hamil membutuhkan tenaga lebih. Sejumlah wanita akan merasa lemas dan enggan melakukan kegiatan seperti biasa ketika hamil. Daun katuk adalah pilihan tepat untuk dimanfaatkan karena menjadi salah satu sumber yang akan memberikan energi lebih pada para calon ibu dengan kandungan zat besinya. Zat besi akan mampu membentuk energi di dalam tubuh.

4. Menjaga Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B serta zat bermanfaat lainnya pada daun katuk akan memberikan manfaat sebagai pengendali metabolisme tubuh agar tetap terjaga dengan baik dan pada kondisi stabil. Walau terjadi masalah pada metabolisme tubuh Anda, dengan nutrisi daun katuk dan makanan lain seperti manfaat ubi bagi ibu hamil maka metabolisme tubuh akan diperbaiki.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi oleh siapapun terutama untuk menyetabilkan tekanan darah, termasuk tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Selain karena kalsium akan memperkuat tulang, kekurangan zat ini akan memicu tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Daun katuk dengan kadar kalsium yang baik akan dapat membantu Anda . Cukup mengonsumsinya dengan porsi yang benar, asupan kalsium pasti didapat oleh tubuh.

6. Mencegah Penyakit Flu

Mungkin beberapa ibu hamil bisa dengan mudah terserang penyakit flu. Daun katuk adalah bahan alami yang bisa membantu mencegah penyakit flu parah saat hamil. Bagi yang tengah menderita flu juga akan dapat cepat sembuh dengan memanfaatkan daun ini. Hal ini dikarenakan adanya kandungan efedrin di dalamnya yang mampu menjauhkan bahaya flu untuk ibu hamil.

7. Mengatasi Anemia

Anemia atau kondisi di mana seseorang dapat kekurangan darah kerap dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Parahnya, kemungkinan penderita anemia dapat kehilangan kesadaran. Bahkan gangguan tubuh ini bisa memicu gangguan kehamilan. Terjadinya hal ini adalah karena kebutuhan oksigen tidak terpenuhi secara cukup. Para wanita yang tengah hamil bekerja lebih berat sehingga rentan terkena anemia karena nutrisi dan energi harus dibagi juga untuk sang jabang bayi. Itulah mengapa zat besi dari daun katuk akan sangat menolong menghindari anemia pada ibu hamil.

8. Menyempurnakan Pembentukan Plasenta

Perkembangan janin akan sempurna bila sang ibu mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Seperti yang kita tahu, bayi hidup di dalam perut sang ibu akan dapat otomatis merasakan apa yang ibunya nikmati. Tersedia jalan penghubung hasil sari pati makanan dan tubuh bayi, apapun makanan yang dikonsumsi. Saluran tersebut adalah yang bisa disebut dengan plasenta. Mengonsumsi daun katuk akan sangat berguna dalam membentuk plasenta sehingga janin dapat berkembang dengan baik dari perkembangan janin 1 bulan hingga perkembangan janin 9 bulan.katuk4

9. Meningkatkan Hormon

Ada cukup banyak hormon yang para wanita hamil sangat butuhkan. Hormon yang dibutuhkan oleh tubuh memang terbilang lumayan banyak dan hal tersebutlah yang akan membuat bayi di dalam perut dapat berkembang dan bertumbuh dengan baik tanpa adanya hambatan atau pengaruh buruk. Ketika hormon meningkat, maka proses persalinan nantinya akan menjadi mudah juga sehingga daun katuk juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara agar persalinan normal tidak sakit.

10. Membuang Racun dari dalam Tubuh

Proses pembuangan racun ini juga disebut dengan istilah detoksifikasi. Terdapat kandungan klorofil di dalam daun katuk yang berfungsi membuat jaringan tubuh bersih dari racun. Segala virus, bakteri dan parasit pun akan diatasi dengan sempurna.

11. Memenuhi Kebutuhan Oksigen

Salah satu manfaat dari zat besi yang terkandung di dalam daun katuk adalah untuk mengirimkan dan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh secara merata. Oksigen bukan hanya dibutuhkan oleh sang ibu, namun janin pun akan dapat bertumbuh dengan sempurna dengan oksigen yang cukup. Segala organ dalam tubuh dalam kinerjanya sudah pasti membutuhkan oksigen, baik itu otak, jantung, serta organ vital lainnya. Daun katuk mampu mengurangi penyebab janin kekurangan oksigen.

12. Menurunkan Risiko Pendarahan pada Waktu Melahirkan

Bila waktunya melahirkan tiba, inilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh sang ibu yang meski terkadang berisiko tinggi. Proses dari akhir masa kehamilan ini dapat dikatakan menegangkan karena lumayan banyak kasus di mana banyak wanita yang mengalami pendarahan hebat ketika bersalin. Betul adanya bahwa proses persalinan dari proses pembukaan saat melahirkan hingga selesai merupakan pertempuran antara hidup dan mati. Melahirkan sendiri membutuhkan banyak darah agar sang bayi dapat keluar dan menikmati dunia. Mengonsumsi daun katuk yang berzat besi tinggi akan menguatkan kondisi sang ibu serta mencegah pendarahan waktu melahirkan.

Efek Samping Daun Katuk

Segala sesuatu dengan konsumsi berlebihan dan tidak pada porsi normalnya maka akan memberikan dampak kurang baik. Hal ini berlaku juga untuk para ibu hamil yang mengonsumsi daun katuk. Segudang manfaat baik telah disimak, namun rupanya daun katuk yang dimanfaatkan terlalu berlebihan bakal berefek samping, berikut efek samping dari daun katuk :

  • Mengalami insomnia atau kurang tidur di malam harinya.
  • Terjadi gangguan pada sistem pernapasan.
  • Berkurangnya nafsu makan.
  • Memicu gangguan kesehatan di bagian paru-paru pada kondisi yang lebih serius.
  • Menyebabkan keracunan karena ada zat yang dinamakan papaverina yang tergolong alkaloid di dalam daun katuk.

Demikian ringkasan tentang manfaat katuk untuk ibu hamil dan efek sampingnya. Selebihnya, anda dapat dapat merasakan kelebihannya ketika mengkonsumsinya. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://carapemesanandeepseafishoilsoftgel.wordpress.com untuk tahu info seputar kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap hari.

Baca Juga : Macam-macam penyakit yang ditandai dengan kesemutan

MENGULAS MANFAAT KATUK UNTUK IBU HAMIL DAN EFEK SAMPINGNYA

Advertisements

One thought on “Mengulas Manfaat Katuk Untuk Ibu Hamil Dan Efek Sampingnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s