Kandungan Gizi, Manfaat Serta Bahaya Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang mahal. Ikan jenis ini mahal karena selain banyak dagingnya dan rasanya yang enak, kandungan zat atau nutisi yang terdapat dalam ikan tuna juga sangat banyak.

Nah, untuk pembahasan kami saat ini adalah mengenai manfaat, kandungan gizi serta bahaya ikan tuna untuk kesehatan. Mari kita simak simak informasinya bersama-sama..

Kandungan Gizi Ikan Tuna

Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yang selama ini dikenal sebagai sumber protein utama. Ikan tuna adalah jenis ikan dengan kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah. Ikan tuna mengandung protein antara 22,6 – 26,2 g/100 g daging. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 g dan 13 g. Konsumsi ikan 30 gram sehari dapat mereduksi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50 persen.
resep-makanan-bayi
Untuk kelompok ikan tuna, bagian ikan yang dapat dimakan berkisar antara 50 – 60 % (Stanby, 1963). Kadar protein daging putih ikan tuna lebih tinggi dari pada daging merahnya.Daging merah ikan adalah lapisan daging ikan yang berpigmen kemerahan sepanjang tubuh ikan di bawah kulit tubuh.Daging merah mempunyai kandungan mioglobin tinggi, yang diimbangi dengan banyaknya jaringan pengikat dan pembuluh darah, sementara daging putih mempunyai jenis-jenis protein yang berkualitas tinggi.
Ikan Tuna sangat bergizi dan merupakan sumber protein, niacin, selenium, triptofan yang banyak. Ikan Tuna juga kaya akan fosfor, kalium, lemak asam omega-3, magnesium, tiamin, vitamin B6.

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-ikan-tuna-resep-makananTidak dapat dipungkiri manfaat ikan tuna untuk kesehatan sangat banyak sekali, mengingat kandungan gizi yang terkandung di dalamnya sangat besar. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai jenis hasil laut seperti ikan tuna seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh penduduk di Indonesia.

Nilai gizi ikan tuna yang sangat baik, membuat tuna mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, hal itu harus didukung dengan pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan ikan tuna yang baik. Berikut manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh :

1. Sumber Protein Tubuh

Jika bicara mengenai protein maka yang terbayang dalam otak kita mungkin daging dan telur, namun ternyata ikan tuna juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein ini baik untuk membantu membantu menjaga otot-otot agar tetap kuat. Protein juga baik untuk darah, kulit, rambut dan kuku.

2. Mencegah Stroke

Ikan Tuna dapat membantu anda menghindari risiko mengalami stroke. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 1-4 porsi ikan sebagai bagian dari pola makan mereka memiliki risiko 27 persen lebih rendah terserang stroke iskemik. Lima atau lebih porsi ikan per minggu mengurangi risiko stroke hingga 30 persen

3. Tekanan Darah Tinggi

Tuna memiliki omega-3 asam lemak yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa daging atau makanan seperti tuna, yang mengandung asam lemak omega-3 membantu menjaga tekanan darah agar stabil. Mereka yang belum memiliki tekanan darah tinggi mendapatkan efek cukup besar dari asam lemak omega-3. Manfaat ikan salmon atau ikan lain yang memiliki kandungan omega 3 asam lemak ini juga sama, yaitu untuk tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan Kadar Trigliserida

Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani. Dengan dua porsi tuna seminggu, Anda dapat menurunkan kadar trigliserida Anda. Mengapa itu hal ini sangat baik untuk kesehatan? Trigliserida dalam aliran darah menunjukkan jumlah lemak yang akan diproses. Jika Anda memiliki trigliserida tingkat tinggi, Anda mungkin juga mengalami tingginya low-density lipoprotein (LDL), atau “kolesterol jahat”, dan rendahnya tingkat high-density lipoproteins (HDL), atau “protein yang baik.” Pada dasarnya kandungan HDL diharapkan lebih tinggi dan LDL dapat rendah, untuk itu makan tuna untuk menurunkan tingkat trigliserida Anda adalah salah satu cara untuk mencapai keseimbangan ini.

5. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Ukuran fungsi denyut jantung yang dikenal sebagai heart rate variability (HRV), dapat ditingkatkan dengan memakn ikan tuna. Sekali lagi, asam lemak omega-3 membantu tuna meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan HRV. Asam lemak Omega-3 juga melindungi jantung dari irama jantung abnormal yang dapat berakibat fatal.

6. Mengurangi Mencegah Obesitas

Manfaat lain dari asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan tuna adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko obesitas sekaligus meningkatkan respon insulin tubuh. Asam lemak omega-3 mampu merangsang hormon yang disebut leptin, yang membantu metabolisme tubuh dan turut mengatur berat badan dan makanan asupan tubuh. Tuna juga rendah kalori dan memiliki kandungan lemak baik, makanan ini cukup aman dikonsumsi bagi anda yang khawatir obesitas.

7. Penyakit Jantung

Ikan tuna juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Fakta ini didukung karena  tuna dapat membantu meningkatkan rasio HDL untuk LDL dalam tubuh memungkinkan menangkal peningkatan risiko penyakit jantung, terutama ketika anda sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kadar kolesterol.

8. Sistem Imunitas Tubuh

Ikan tuna merupakan sumber Selenium, antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Manusia. Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh yang merupakan bagian integral untuk melawan penyakit dan infeksi.

manfaat-dan-resiko-ikan-tuna-untuk-ibu-hamil

9. Sumber Vitamin B

Vitamin B terdapat dalam tuna dapat membantu membangun dan memelihara sel-sel darah merah dan meningkatkan energi. Vitamin yang larut dalam air ini meningkatkan laju metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit.

10. Mencegah Kanker

Konsumsi secara teratur ikan tuna dapat mengurangi resiko kanker payudara, selain itu lemak ikan tuna ini juga dipercaya dapat mencegah kanker ginjal.

Bahaya Ikan Tuna

Ikan Tuna menjadi berbahaya ketika dikonsumsi berlebihan kepada ibu hamil karena ikan tuna memiliki kandungan merkuri. Merkuri yang berlebihan memang tidak baik untuk janin karena dapat mengakibatkan resiko gangguan otak. Untuk menghindari ini ibu hamil tidak diperkenankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi merkuri.

index

Selain merkuri yang perlu diwaspadai adalah duri. Duri ikan yang tajam memang berbahaya saat anda memakannya. Banyak kejadian makan ikan sampai duri tertelan dan tersangkut di tenggorokan. Untuk menanggulanginya anda bisa menghilangkan duri ikan pada saat atau sebelum proses memasak.

 Demikian yang dapat kami jelaskan seputar ikan tuna mulai dari kandungan gizi, manfaat serta bahaya ikan tuna. Semoga apa yang kami kutif dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih telah berkunjung ke situs resmi Alfian herbal distributor resmi green world ini. Jangan lupa untuk terus kunjungi situs https://carapemesanandeepseafishoilsoftgel.wordpress.com karena kami akan update setiap harinya.

Baca Juga : Bahaya membunyikan persendian tulang jari tangan dan lainnya

KANDUNGAN GIZI, MANFAAT SERTA BAHAYA IKAN TUNA

Advertisements

One thought on “Kandungan Gizi, Manfaat Serta Bahaya Ikan Tuna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s